19 Februari 2010

MENCETAK ANAK CERDAS

CARA MENCETAK ANAK CERDAS

SEJAK KAPAN ORANG TUA BERUSAHA
MENCERDASKAN ANAKNYA

     Sejak kapan kecerdasan anak bisa dikembangkan ?  
Mencerdasakan anak bukan hanya dimulai tatkala anak telah lahir. Namun mencerdaskan anak bisa dilakukan sejak anak masih dalam kandungan. Hal ini karena proses tumbuh kembang manusia itu dimulai sejak terjadinya proses pembuahan yang menyebabkan kehamilan.  

Ada banyak cara yang bisa ditempuh orang tua untuk mencerdaskan anaknya sejak dalam kandungan, antara lain :


- mempersiapkan kehamilannya
- merawat kehamilan dengan baik dan benar
- memberikan gizi yang baik dan cukup
- dan lain-lain

     Saudara …. Setiap orang tua menginginkan anaknya bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas, kreatif dan jenius. Anak adalah investasi berharga bagi orang tua. Alangkah bahagianya orang tua tatkala memiliki anak yang cerdas, kreatif dan jenius. Ia seakan tidak merasa rugi atas segala pengorbanannya selama ini, baik pengorbanan tenaga, finansial dan waktu. 

Namun jika si anak ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan, atau bahkan ia menjadi manusia yang jahat, alangkah sedihnya orang tua yang demikian.

     Saudara… Setiap anak memiliki potensi kecerdasan masing-masing. Potensi ini bias dikembangkan, sehingga bisa tumbuh secara optimal. Nah… tugas dari orang tua adalah turut membantu anaknya agar dapat mengembangkan potensi kecerdasan anak tersebut dengan berbagai cara, antara lain : 

1. merawat dengan perawatan yang benar, sejak ia dalam kandungan
hingga ia lahir (bayi)
2. mengembangkan kreatifitasnya
3. mengembangkan otaknya
4. memilihkan sekolah yang terbaik
5. mengembangkan kemampuan daya ingatnya
6. memberikan permainan yang mencerdaskan
7. senam otak
8. dan lain-lain


PENTINGNYA MERAWAT BAYI DENGAN BENAR

Pengertian bayi adalah anak Anda yang berusia 0-12 bulan.
Merawat bayi yang benar sangat berpengaruh bagi perkembangan kecerdasan anak. Mengapa demikian ? Berikut ini beberapa alasannya :

1. Perkembangan otak pada usia ini sangat pesat
2. Banyak orang tua yang salah kaprah tentang cara merawat bayi yang
benar
3. Usia ini adalah usia awal kehidupan anak.

     Jika Anda menginginkan anak Anda tumbuh cerdas, maka merawat bayi. Anda dengan benar adalah langkah awal yang sangat penting. Sayangnya sebagian besar masyarakat kita mendapat ilmu merawat bayi sebatas —ilmu warisan“ dari orang tuanya. Padahal, kadangkala ilmu orang tua kita itu banyak dibumbui budaya sekitar yang kadang salah kaprah dan bertentangan dengan dunia medis maupun psikologis. Sehingga pada akhirnya hanya akan merugikan bayi kita. 

Karena itu, sebagai orang tua hendaknya kita selalu berusaha untuk meningkatkan pengetahuan kita tentang bagaimana cara merawat bayi yang benar.

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK

     Kreativitas pada anak bisa dihubungkan dengan apapun. Entah dengan seni, bahasa, matematika, ataupun lainnya. Kreativitas merupakan kemampuan menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah. Kreativitas dapat dilihat dari segi kognitif (berfikir kreatif), afektif (sikap kreatif), dan psikomotor (keterampilan). 

     Kreativitas juga menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru dengan kegiatan kreatif. Contohnya, melukis alam atau mengarang yang bisa disebut sebagai kegiatan kreatif jika hasil karya tersebut merupakan spontan dari imajinasinya sendiri. 

     Bila sejak dini kreativitas anak sudah dikembangkan, berarti kita sudah memiliki dasar kokoh pada kehidupannya di masa depan. Dalam dirinya sudah terbentuk sikap dan pribadi kreatif. Jika tidak, bisa saja hingga dewasa ia tak bakal kreatif dan akan menemui banya kesulitan dalam hidupnya. Padahal dalam kehidupan, agar selalu bisa dengan cepat menyesuaikan diri, diperlukan siap kreatif . Dengan demikian, iapun lebih siap dan mampu menghadapi masalah-masalah di masa depan yang memerlukan banyak kemunginan jawaban dan ide-ide kreatif..  

     Sayangnya orang tua dan kebanyakan lembaga pendidikan mengabaikan potensi kreativitas anak. Orang tua /pendidik cenderung menekankan pada masalah mata pelajaran akademis, sementara bakat si anak tak didorong dan dikembangkan. Padahal, bila anak didorong dan diberi motivasi dengan sendirinya ia akan selalu berkreasi.


MEMILIH SEKOLAH YANG BAIK

     Memilih sekolah adalah salah satu tindakan yang penting dan menentukan bagi proses pengembangan kecerdasan anak Anda. Pilihan sekolah yang tepat, akan sangat membantu memaksimalkan perkembangan kecerdasan anak.  
Disamping itu, sekolah bukan hanya sebagai tempat anak mencari ilmu. Namun lebih dari itu, sekolah menjadi tempat pembentukan karakter dan kepribadian si anak. Jika anak mendapatkan sekolah terbaik, maka karakter dan kepribadian anak tersebut akan baik pula. Begitu juga sebaliknya.

     Coba Anda perhatikan baik-baik. Bandingkan anak yang sekolah di sekolah yang biasa“, dengan anak yang sekolah di sekolah yang baik“. Dalam waktu cepat, Anda akan dapat menemukan banyak perbedaan antara keduanya. 
Lihatlah cara bicaranya, akhlaknya, dan sebagainya. Pasti ada perbedaaan. Ini menunjukkan bahwa memang sekolah memiliki pengaruh yang besar terhadap seorang anak




MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK

Apakah anak Anda sering lupa ? Apakah ia sulit menerima pelajaran di sekolahnya ? Jika jawaban Anda ya, mungkin Anda akan bertanya, apakah ada cara untuk mengatasi masalah tersebut ?

     Setiap orang tua menginginkan anaknya cerdas. Dan indikator cerdas bagi mereka salaah satunya adalah daya ingat. Jika si anak memiliki daya ingat yang —oke“, mak ia dikatakan cerdas. Sebaliknya, jika daya ingatnya —tidak oke“, maka ia tidak cerdas. 

     Memang kemampuan daya ingat sangat penting bagi anak dalam hidupnya. Lebih-lebih bagi anak sekolah, daya ingat merupakan senjata utama untuk sukses di sekolahnya. Apalagi sebagian besar pelajaran di sekolah mengandalkan kemampuan daya ingat. Sehingga, jika anak memiliki daya ingat baik, ia akan dengan mudah bisa mendapat rangking. 

     Apakah daya ingat bisa dikembangkan ? Jawabannya BISA. Daya ingat berhubungan dengan otak. Dan otak anak bisa dikembangkan Kalau dilatih dengan baik otak manusiaakan mampu mengingat milyaran informasi yang masuk padanya. Selama ini,orang mengingat sesuatu dengan asal saja. Sehingga saat harus mengingatnya kembali sulit,“ kata pria warga negara Malaysia kelahiran Kuala Lumpur 3 September 1950 ini. Menurut Yip tingkat kepandaiannya tidak terlalu tinggi. IQ saya hanyalah 132. ini hanya sedikit di atas cerdas. Kemampuan mengingat bukanlah indikasi tingginya IQ, tapi indikasi bagaimana ia mengatur info-info yang masuk.


PERMAINAN ANAK

     Permainan merupakan sarana bagi anak untuk merangsang perkembangan otaknya. Para peneliti di Baylor College of Medicine, misalnya, menemukan bahwa apabila anak-anakjarang diajak bermain atau jarang disentuh, perkembangan otaknya 20 % atau 30 % lebih kecil daripada ukuran normalnya pada usia itu.  

     Para peneliti dari University of Illinois di Urbana-Champaign dalam penelitiannnya menyebutkan bahwa anak tikus yang dibesarkan di kandang penuh mainan memperlihatkan perilaku yang lebih kompleks daripada tikus yang dikurung dalam kotak bersih tak menarik. Lagipula , tikus dalam kotak penuh mainan itu otaknya mengandung 25 % lebih banyak sinapsis per neuron (ket: sinapsis adalah sambungan antar sel otak (neuron). Dengan kata lain, pengalaman yang kaya menghasilkan otak yang kaya.6   

     Lebih jelasnya begini, ketika anak Anda lebih sering Anda ajak ajak bermain dan Anda beri permainan, maka sinapsis (sambungan) antar sel otak akan lebih banyak. Dan sinapsis ini sangat penting untuk proses pengembangan otak. Sinapsis juga berhubungan dengan memori atau daya ingat anak. Semakin banyak sinapsis yang terbentuk, maka daya ingat anak akan semakin lebih baik.  

     Demikian juga sebaliknya jika anak tidak mendapatkan permainan yang cukup saat dia menjalani masa kecilnya, maka otaknya tidak akan berkembang secara maksimal.


SENAM OTAK UNTUK KECERDASAN

     Brain Gym atau senam otak adalah serangkaian gerakan sederhana yang menyenangkan dan digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar dengan menggunakan keseluruhan otak. Brain Gym jika diterapkan pada anak juga akan membantu optimalisasi perkembangan otaknya. Untuk aplikasi gerakan brain gym dipakai istilah Dimensi lateralis untuk belahan otak kiri dan kanan, Dimensi Pemfokusan untuk bagian belakang otak (batang otak/brainstem) dan bagian depan otak (frontal lobes), serta dimensi Pemusatan untuk system limbic (midbrain) dan otak besar (cerebral cortex). 

     Menurut pakar Brain Gym, Paul E Dennison, Ph.D, kegiatan brain gym dibuat guna menstimulasi (dimensi lateralis), meringankan (dimensi (pemfokusan), atau merelaksasi (dimensi Pemusatan) anak yang terlibat dalam situasi belajar tertentu.


MENGEMBANGKAN OTAK

     Otak menentukan niat, pikir, emosi dan laku kita. Apa yang kita pikir rasa dan putuskan merupakA hasil kerja miliaran sel otak, jutaan rangkaian kabel dan terminal-terminal listrik yang menyusunnya.

     Tidaklah berlebihan apabila ada yang beranggapan bahwa nasib dunia juga ditentukan oleh tabiat otak orang-orang yang berkuasa. Jika kerja otak penguasa kacau atau rancu, maka ia bisa salah dalam mengambil keputusan penting. Perilaku menyimpang,keprinadian ganda, paranoia, sifat agresif dan gangguan jiwa berhuku pada otak yang gagap. 

     Mengembangkan otak anak sangat penting. Hal ini disebabkan pertumbuhan dan perkembangan otak paling pesat terjadi pada usia anak-anak. Bahkan ada yang mengatakan bahwa pertumbuhan otak hanya terjadi sampai anak berumur 2-3 tahun. Ada pula yang mengatakan bahwa otak anak berumur 2 tahun sudah mencapai 70% pertumbuhan otak orang dewasa, pertumbuhan 90% dicapai pada anak berumur 6 tahun.

Komentar :

ada 0 komentar ke “MENCETAK ANAK CERDAS”

Posting Komentar


.
English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Language

Download Mp3

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis

Free Download

Recent Posts

New Posts Link

  • Interior Konsep Sendiri - Interior Konsep Sendiri Banyak konsep yang menginspirasi untuk penataan interior ruangan,saking banyaknya konsep sampai bingung mau ngikuti yang mana untuk...
  • Keyboard Rusak - Keyboard macet atau tidak berfungsi jangan panic dulu, karena untuk mengganti dengan keyboard yang baru harganya lumayan mahal, maka gak ada ruginya jik...
  • Dasar Adobe Photoshop CS - Banyak buku literatur atau panduan yang mengungkap tentang Adobe Photoshop.CS semuanya dengan gaya dan cara masing masing penulisnya. Dari semuanya...
  • Belajar Corel Draw - Software Corel Draw adalah salah satu software design yang dikeluarkan oleh Corel Corporation. Dimana software ini berbasiskan pada sistem vektor, da...

Join Please...

Join My Community at MyBloglog!

Visitors

free counters

 
Metrik is proudly powered by Blogger.com | Template by Mekanika